.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Aerasi : Pengertian, Tujuan, dan Berbagai Macam Metoda Aerasi


Aerasi : Pengertian, Tujuan Dan Berbagai Macam Metoda Aerasi. Selamat malam dimanapun sahabat informasi kesling berada. Pada postingan yang lalu penulis menyajikan tentang metoda pengolahan air dengan metoda koagulasi/ flokulasi dan sedimentasi. Pada kesempatan ini melanjutkan materi tentang pengolahan air yaitu Aerasi.

Pengertian Aerasi

Aerasi adalah proses pengelolahan air dengan cara menggontakannya dengan udara.

Tujuan Aerasi

Adapun tujuan dari aerasi adalah
  1. Penambahan jumlah oksigen
  2. Penurunan jumlah karbon dioxide (CO2)dan
  3. Menghilangkan hydrogen sulfide (H2S),methan (CH4) dan berbagai senyawa senyawa organi yang bersifat volatile (menguap) yang berkaitan untuk rasa dan bau.

       
Hasil pengolahan air dengan metoda aerasi bermanfaat untuk menghasilkan air minum yang baik. Penurunan jumlah karbon dalam air sehingga bisa berbentuk dengan calcium karbonat (CaCO3) yang dapat menimbulkan masalah.

Areasi secara luas telah digunakan untuk pengolahan air yang mempunyai kandungan jumlah besi dan mangan terlalu tinggi zat tersebut memberikan rasa pahit pada air, menghitamkan pemasakan beras dan memberikan noda hitam kecoklat-coklatan pada pakaian yang dicuci.


 Proses Aerasi

Oksigen yang berada di udara, melalui proses aerasi ini akan selanjutnya akan bereaksi dengan senyawa ferus dan  manganous terlarut merubah menjadi ferric  (Fe) dan maganic oxide hydrates yang tidak bisa larut. Setelah itu dilanjutkan dengan pengendapan (sendimentasi) atau penyaringan (filtrasi). Perlu dicatat bahwa oksidasi terhadap senyawa besi dan mangan di dalam air yang kecil (waterfall) aerators/aerator air terjun). Atau dengan mencampur air dengan gelembung-gelembung udara (  bubble aerator). Dengan kedua cara tersebut jumblah oxigen pada air bisa dinaikan 60 – 80% (dari jumlah oksigen yang tertinggi, yaitu air yang mengandung oksigen  sampai jenuh) pada aerator air terjen ( waterfall aerator ) cukup besar bisa menghilangan gas-gas yang terdapat dalam air.
Penurunan carbon dioxide (CO2) oleh waterfall aerators cukup berarti, tetapi tidak memadai apabila dari yang sangat corrosive. Pengelolahan selanjutnya seperti pembubuhan kapur atau dengan sarigan marmar atau dolomite yang dibakar masih dibutuhkan.

Macam-macam Metoda Aerasi

  1.   Waterfall aerator ( aerator air terjun).
   Pengolahan air  aerasi dengan metoda Waterfall/Multiple aerator seperti pada gambar,                      susunannya sangat sederhana dan tidak mahal  serta memerlukan ruang yang kecil.

MULTIPLE TRAY AERATOR

        Jenis aerator   terdiri atas 4-8 tray dengan dasarnya penuh lobang-lobang pada jarak 30-50 cm.               Melalui pipa berlobang air dibagi rata melalui atas tray, dari sini percikan-percikan kecil turun             kebawah dengan kecepatan kira-kira 0,02 m­ /detik per m2 permukaan tray. Tetesan yang kecil           menyebar dan dikumpulkan kembali pada setiap tray berikutnya. Tray-tray ini bisa dibuat                   dengan bahan yang cocok seperti lempengan-lempengan absetos cement berlobang-lobang,                 pipa  plastik yang berdiamter kecil atau lempengan yang terbuat dari kayu secara paralel.


2.      Cascade Aerator
Pada dasarnya aerator ini terdiri atas 4-6 step/tangga, setiap step kira-kira ketingian 30 cm dengan kapasitas kira-kira ketebalan 0,01 m3 /det permeter2. Untuk menghilangkan gerak  putaran (turbulence) guna menaikan effesien aerasi,  hambatan sering ditepi peralatan pada setiap step. Dibanding dengan tray aerators, ruang ( tempat ) yang diperlukan bagi casade aerators agak lebih besar tetapi total kehilangan tekanan lebuh rendah. Keuntungan lain adalah tidak diperlukan pemiliharaan.

CASCADE AERATOR


                 Keterangan
                 A  =  Air baku
                 B  =  Air sudah diaerasi
                 C  =  Inlet
                 D  =  Lubang pembersih
                 E  =  Out let.

Cascade Aerator tampak atas



              Aerasi tangga aerator seperti pada gambar di bawah ini peangkapan udaranya terjadi pada                   saat air terjun dari lempengan-lempengan trap yang membawanya. Oksigen kemudian                         dipindahkan dari gelembung-gelembung udara kedalam air . Total ketinggian jatuh kira-kira               1,5 m dibagi dalam 3-5 step. Kapisitas bervariasi antara 0,005 dan 05 m3 /det per meter luas.


             3.   SUMBERGED CASCADE AERATOR
                                        



4.      Multiple Plat Form Aerator
Memakai prinsip yang sama, lempengan-lempengan untuk menjatuhkan air guna mendapatkan kontak secara penuh  udara terhadap air.

                                                    Multiple Plat From Aerator
                                                                   

                                                                   
                                                          


5.   Spray Aerator
 Terdiri atas nosel penyemprot yang tidak bergerak  (Stationary nozzles) dihubungkan dengan kisi lempengan yang mana air disemprotkan ke udara disekeliling pada kecepatan 5-7 m /detik. Spray aerator sederhana dierlihatkan pada gambar, dengan pengeluaran air kearah bawah melalui batang-batang pendek dari pipa yang panjangnya 25 cm dan diameter 15 -20 mm. piringan melingkar ditempatkan beberapa centimeter di bawahsetiap ujung pipa, sehingga bisa  berbentuk  selaput air tipis melingkar yang selanjutnya menyebar menjadi tetesan-tetesan yang halus.
Nosel untuk spray aerator bentuknya bermacam-macam, ada juga nosel yang dapat berputar-putar

                                                      SPRAY AERATOR
                                                                    



6.      Aerator Gelembung Udara  ( Bubble aerator)
                                                       Jumlah udara yang diperlukan untuk aerasi bublle  (aerasi gelembung udara) tidak                               banyak, tidak lebih dari 0,3 – 0,5 m3 udara/m3 air dan volume ini dengan mudah bisa                           dinaikan melalui suatu penyedotan udara. Udara disemprotkan melalui dasar dari bak                           air yang akan diaerasi.


GAMBAR BUBBLE AERATOR


                         A  =  Out Let
                        B  =  Gelembung udara
                        C  =  Pipa berlubang buat udara
                        D  =  Inlet air baku

                        E  =  Bak air

Demikian ulasan tentang Aerasi : Pengertian, Tujuan dan Berbagai Macam Metoda Aerasi. Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Aerasi : Pengertian, Tujuan, dan Berbagai Macam Metoda Aerasi"

  1. Replies
    1. materi tersebut diambil dari beberap referensi

      Delete
    2. lain kali nyantumin sumber sama jangan lupa siapa penulis artikelnya..

      Delete